Apa itu EXPOSSURE

Buat orang yang baru kenal dengan kamera DSLR maupun Mirrorless sering kali terpaku pada mode settingan otomatis, yaitu mode Full Auto, Portrait, Landscape, Close-up, Sports, Night Portrait, dan Flash off. Seperti yang saya gambarkan dibawah ini.

 

Mode Auto memanglah cepat dan sangat mudah tanpa kita harus setting ini itu namun tidak akan memberikan kita kepuasan kreatifitas. Karena hasil foto tergantung sepenuhnya oleh kamera.

Nah…Bagi yang anda-anda yang ingin ‘naik kelas’ dari mode auto ke mode manual serta ingin menyalurkan jiwa kreatif anda ke dalam foto-foto yang dihasilkan, ada baiknya terlebih dahulu anda pahami konsep EXPOSSURE.

Sebelum melangkah lebih jauh jangan-jangan ada yang belom tau apa itu arti expossure…

Expossure: Jumlah cahaya yang diterima oleh sensor dalam kamera kita dalam suatu pengambilan gambar. Jika paparan cahaya yang diterima kamera kita terlalu banyak maka hasil foto yang kita dapatkan akan menjadi terlalu terang, dalam dunia fotografi disebut over exposure. Begitu juga sebaliknya, jika jumlah cahaya yang diterima oleh kamera kita sedikit maka hasil gambar yang kita dapatkan akan menjadi terlalu gelap (Under Exposure).

INGAT!!!

Over expossure = Gambar erlalu terang

Correct Expossure = Gambar normal

Under Expossure = Gambar terlalu gelap

Oke lanjut…

Ada tiga elemen yang harus diketahui untuk memahami eksposur yang kerap disebut sebagai Segitiga Fotografi.
Ketiga elemen tersebut adalah:

ISO (ukuran seberapa sensitif sensor kamera terhadap cahaya),
Aperture (besar kecilnya bukaan diafragma di dalam lensa saat foto diambil), dan
Shutter Speed (lamanya waktu ‘jendela’ di depan sensor kamera terbuka).

Nahh…jadi kombinasi settingan dari ketiga elemen inilah yang akan menentukan eksposur gambar yang akan kita hasilkan.

Terusss…dimana lokasi 3 Elemen tadi di dalem kamera???

Ini dia tempatnya

Ketika kita sudah mengkombinasikan 3 elemen tersebut, Lalu adakah indikator yang memberi tahu kita bahwa foto yang akan kita hasilkan anak menjadi under expossure/ normal expossure/ over expossure???

Tentu saja ada.

Yang mana?

Ini dia

 

 

Ini namnya Expossure Compensation. Bisa kita lihat ada simbol Min di sebelah kiri dan simbol Plus di sebelah kanan Artinya adalah ketika indikator putih yang sekarang digambar tersebut berada di tengah, ketika indikator ini bergerak ke kiri ke arah (Min) maka menurut kamera gambar yang nanti akan kita hasilkan akan gelap atau under expossure. Sebaliknya bila bergerak ke kanan ke arah (Plus) maka menurut kamera gambar yang akan kita hasilkan over expossure.

 

Oke sampai sini sudah paham apa itu Expossure?

Lalu pertanyaan berikutnya Apa yang harus kita lakukan dengan angka angka yg ada di Aperture, Shutter speed dan Iso supaya Hasil foto Tajam dan memenuhi expossure yang pas?

Akan saya bahas di postingan terpisah…

Sekian pembahasan tentang Expossure. Terimakasih

Salam fotografi….

Posted in tutorial and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *